Cara Daftar Kartu Prakerja (Masuk Gelombang 10)

shape image

Cara Daftar Kartu Prakerja (Masuk Gelombang 10)

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja pada gelombang 10 (sepuluh) yaitu dengan cara mengunjungi situs prakerja.go.id lalu akses alamat https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.



Bagaimana step by step pendaftarannya?

Berikut panduan registrasi, syarat, dan manfaat dalam mendaftar kartu prakerja.


Cara Pendaftaran Kartu Prakerja


Cara Daftar Kartu Prakerja


Pendaftaran kartu prakerja saat ini sudah memasuki gelombang 10, dan sudah dibuka sejak hari Kamis, 24 September 2020 pada pukul 12.00 WIB, dan akan berakhir pada hari Senin, 28 September 2020 
pukul 12.00 WIB.

Untuk pendaftar baru atau yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, jangan menyerah, Anda dapat mengikuti seleksi pada gelombang 10 ini.

Kuota yang disediakan sekitar 380 ribu. Yaitu 200 ribu kuota yang tersisa dari target 5,6 juta peserta. Ditambah dengan 180 ribu kuota yang tidak dimanfaatkan oleh peserta lolos pada gelombang sebelumnya.

Pendaftar Lama Tinggal Klik Gabung Pada Gelombang 10


Jika Anda adalah pendaftar yang belum berhasil lolos pada gelombang 9, atau bahkan gelombang 1,2,3,4,5,6,7,8, maka masih bisa mengikuti seleksi kembali pada gelombang 10 ini.

Bagi yang sudah pernah daftar, tidak perlu melakukan pendaftaran lagi. Anda cukup membuka dashboard website prakerja dan lakukan login dengan akun yang sudah dimiliki. Kemudian tinggal klik saja untuk gabung pada batch gelombang 10 dan tunggu konfirmasi pengumuman lolos.

Sementara bagi Anda yang belum melakukan pendaftaran akun kartu prakerja, maka perlu melakukan proses registrasi pendaftaran.

Berikut adalah cara terbaru dalam mendaftarkan diri untuk kartu prakerja.

Manfaat Kartu Prakerja


Sebelum itu mari ketahui terlebih dahulu manfaat dari kartu prakerja ini. Program prakerja sendiri adalah kebijakan dari pemerintah guna mengembangkan kompetensi kerja masyarakat khususnya negara Indonesia.

Terutama diprioritaskan bagi para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat terjadinya pandemi virus covid-19.

Tidak hanya untuk pencari kerja, program prakerja ini juga dapat diikuti oleh penduduk yang statusnya masih bekerja dan butuh peningkatan kompetensi.

Program kartu prakerja memiliki tujuan untuk mengembangkan skill angkatan kerja, menciptakan daya saing, dan meningkatkan produktivitas sumber daya manusia, serta mengembangkan sisi kewirausahaan.

Dalam pelaksanaannya para peserta prakerja akan mendapatkan biaya sebesar 1 juta rupiah. Saldo prakerja tersebut wajib digunakan untuk melakukan pembelian pelatihan melalui platform mitra prakerja, seperti BUKALAPAK, TOKOPEDIA, OVO, GOPAY, dan masih banyak lagi.

Selain dana pelatihan sebesar 1 juta rupiah, peserta juga mendapatkan insentif sebesar 2,4 juta yang ditransfer secara bertahap selama 4 bulan sebesar 600 ribu rupiah. Serta ditambah dengan uang survei sebesar 150 ribu rupiah.

Dengan adanya program prakerja ini, pemerintah mengharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan edukasi dan menambah wawasan, serta membantu mengatasi mendapatkan pekerjaan ditengah pandemi virus covid-19.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja


Untuk mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja terdapat beberapa syarat utama bagi para peserta yang akan diterima pada gelombang 10 ini.

Berikut adalah persyaratan guna mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu prakerja.

  1. Masih dalam status mencari kerja, terutama pekerja yang terkena PHK. Status pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi juga dapat mengikuti seperti pelaku usaha mikro, pekerja buruh, dan lainnya.
  2. Warna Negara Indonesia (WNI)
  3. Sudah berusia minimal 18 tahun. Tidak ada batasan umur pendaftar. Mereka yang 50 tahun ke atas juga dapat mengikuti dan bisa lolos.
  4. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal baik kuliah ataupun sekolah.

Kemudian terdapat pekerja yang tidak bisa mendaftar dan mendapatka kartu pekerja seperti:

  • Pejabat Negara 
  • Anggota DPRD
  • ASN 
  • TNI
  • POLRI
  • Kepala Desa
  • Perangkat Desa
  • Direksi
  • Komisaris
  • Dewan Pengawas BUMN BUMD

Perlu untuk diketahui, program ini adalah program yang diprioritaskan bagi masyarakat Indonesia yang belum memiliki pekerjaan dan kehilangan pekerjaan. Namun ada beberapa pekerja yang masih bisa mengikuti dan mendaftarkan diri untuk meningkatkan kompetensinya.

Untuk Anda yang merupakan lulusan Universitas unggulan dan sudah bekerja juga masih bisa mengikuti pendaftaran kartu prakerja.


Proses Daftar Kartu Prakerja Gelombang 10


Untuk mendapatkan akun yang akan digunakan untuk mendapatkan kartu prakerja, maka silahkan kunjungi alamat website dashboard.prakerja.go.id/daftar. 

Setelah itu ikuti tahapannya sebagai berikut:
  • Siapkan email, pastikan email tersebut aktif.
  • Siapkan perangkat untuk mengakses website dashboard prakerja seperti Smartphone ataupun Laptop atau juga PC yang Anda miliki. Kemudian buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

daftar akun kartu prakerja

  • Masukkan Email dan Password yang akan digunakan sebagai akun login, dan klik Daftar. Password dapat kamu buat sesuai keinginan.

verifikasi email pendaftaran

  • Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi melalui email yang digunakan untuk mendaftar, cek email, maka akan tampil notifikasi baru via email dari prakerja.go.id.

verifikasi email pendaftaran

  • Silahkan buka email tersebut dan klik pada tombol Verifikasi Email.




  • Jika email prakerja tidak ditemukan silahkan cek pada kotak spam atau kotak masuk promosi.

cara mendapatkan kartu prakerja

  • Maka pendaftaran akun berhasil dilakukan.
  • Selanjutnya kembali ke alamat dashboard.prakerja.go.id.

cara mendapatkan kartu prakerja

  • Lalu masukkan email dan password akun, dan klik tombol Login.


Jika Lupa Password

  1. Silahkan Klik Lupa Password?
  2. Masukkan alamat email akun Anda, dan klik Kirim.
  3. Maka Anda akan menerima email verifikasi, dan silahkan klik link tersebut.
  4. Masukkan password baru Anda.
  5. Klik atur ulang. Maka Password sukses dirubah.


  • Setelah berhasil login, maka akan masuk ke dashboard akun prakerja.

cara pendaftaran kartu prakerja

  • Anda akan diminta untuk memasukkan nomor KTP, KK, dan tanggal lahir sesuai KTP. Kemudian silahkan klik pada tombol Lanjutkan.

cara pendaftaran kartu prakerja

  • Berikutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi data diri seperti jenis kelamin dan alamat, dan lainnya, serta mengunggah foto KTP full.
  • Jika sudah terisi dengan benar, silahkan centang pada "saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan jujur dan benar" dan klik pada tombol Lanjutkan.

cara pendaftaran kartu prakerja

  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor ponsel. Masukkan nomor ponsel yang aktif dan klik pada tombol Kirim.

Daftar Kartu Prakerja

  • Verifikasi Kode OTP. Berikutnya setelah melakukan verifikasi nomor ponsel, Anda akan mendapatkan kode OTP melalui sms pada nomor ponsel yang didaftarkan.
  • Masukkan 6-digit kode OTP tersebut dan klik pada tombol Verifikasi.

Daftar Kartu Prakerja

  • Kemudian, akan ditampilkan pernyataan pendaftar, silahkan isi pernyataan tersebut sesuai dengan kondisi Anda.

Daftar Kartu Prakerja

  • Isi pernyataan tersebut hingga selesai, jika sudah silahkan klik pada tombol OKE.

Daftar Kartu Prakerja

  • Setelah itu, akan ditampilkan Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Silahkan klik tombol Mulai Tes Sekarang.
  • Isi test tersebut dengan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, pertanyaan terdiri dari 18 soal dan diberi waktu sekitar 25 menit.

Tes motivasi dan kemampuan dasar


Gabung Gelombang Prakerja

  • Pendaftarakan segera selesai. Jika gelombang sudah tersedia dan sesuai dengan yang Anda inginkan serta sesuai dengan provinsi, silahkan klik Gabung.

Gabung Gelombang Prakerja

  • Maka akan muncul konfirmasi pilihan gelombang, jika sudah sesuai silahkan klik pada tombol Ya, Gabung.

Cara Mendapatkan Insentif Kartu Prakerja

  • Setelah gabung, maka akan muncul persetujuan kartu prakerja yang berisikan beberapa pernyataan. Baca dengan teliti, dan silahkan klik pada tombol "Saya Menyetujui". Selamat pendaftaran sudah berhasil dilakukan.

Evaluasi dan Pengumuman Lolos Peserta


Setelah proses pendaftaran selesai, maka tahap selanjutnya adalah menunggu notifikasi apakah lolos atau tidak. Pengumuman lolos tersebut dapat di lihat melalui dashboard prakerja atau akan dikirim melalui SMS pada nomor yang didaftarkan.

Pada saat pengumuman lolos seleksi, silahkan login pada akun yang Anda miliki, lalu cek pada dashboard, Jika lolos maka Anda akan mendapati nomor kartu prakerja dan status saldo pada akun dashboard prakerja Anda.


Lolos Daftar Parkerja



Namun jika belum lolos akan ditampilkan notifikasi "Kamu Belum Berhasil" pada dasboard akun Anda.


belum lolos seleksi pendaftaran kartu prakerja



Itulah informasi seputar cara mendaftar kartu prakerja pada gelombang 10 dengan melalui login ke dashboard.prakerja.go.id/daftar. Semoga panduan cara ini bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar

© Copyright 2019 CARA LOGIS