Jenis SSD Laptop Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Daftar Isi [Tutup]

    Penggunaan SSD laptop (Solid State Drive) sangat dibutuhkan terutama pada kinerja server yang berat. Dengan melalui SSD inilah yang akan menjadikan akses server cenderung lebih cepat.


    Jenis SSD Laptop


    Ada beberapa jenis laptop yang hardwarenya telah dilengkapi dengan SSD. Bahkan untuk laptop high end juga telah dilengkapi dengan SSD secara langsung di dalamnya misalnya laptop gaming harga di atas 10 juta.

    Kelebihan Menggunakan SSD For Laptop dibanding HDD


    Jika dibandingkan dengan HDD ternyata untuk penggunaan SSD ini mampu memberikan keuntungan dan kelebihan yang lebih bagus di antaranya:

    • Performa SSD ini mampu memberikan kecepatan write and read yang lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. Misalnya ketika dalam proses transfer file, ketika membuka program berat maupun pencarian file. Tidak sampai di situ saja untuk booting Windows juga membutuhkan waktu yang lebih singkat.
    • Kegunaan SSD ini dilengkapi dengan komponen yang berisi sekumpulan memori di dalamnya sehingga hampir tidak terdengar suara. Oleh karena itu maka SSD ini tidak akan menimbulkan suara yang berisik. Tentu saja hal ini berbeda dengan HDD konvensional yang cenderung masih menggunakan piringan sehingga akan terdengar suara yang sedikit mengganggu.
    • Jika dibandingkan dengan HDD, SSD jauh lebih ringan. Hal ini dikarenakan pada bagian komponen dalamnya terdiri hanya sekumpulan memori saja. sementara untuk HDD yang terdiri dari piringan dianggap jauh lebih berat.
    • Pengguna laptop SSD jauh lebih menghemat daya listrik walaupun sesungguhnya untuk besar dayanya yang digunakan tidak terlalu terasa. Akan tetapi jika dibandingkan dengan HDD tentu SSD akan jauh lebih menghemat listrik.
    • HDD cenderung lebih tahan terhadap guncangan dan hal ini berbeda dengan HDD karena masih mengandalkan disk yang ada di dalamnya. Sementara untuk disk tersebut cenderung lebih sensitif pada guncangan. Hal ini dikarenakan HDD berputar kemudian banyak mekanikal yang terdapat di dalamnya. Sedangkan SSD tidak memiliki mechanical atau gerakan di dalamnya sehingga tahan terhadap guncangan.
    • SSD terbuat tanpa adanya komponen yang bergerak sehingga untuk desain nya cenderung lebih tipis dan kecil. Dengan hal ini maka untuk laptop yang telah menggunakan SSD bisa lebih tipis. Hal ini tentu akan lebih menarik perhatian para konsumen. Walaupun SSD memiliki ukuran yang tipis namun untuk kinerja nya masih sangat bagus dibanding HDD.

    Kekurangan Menggunakan SSD


    Selain kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, ternyata SSD juga memiliki kekurangan seperti berikut:

    • Memiliki harga yang jauh lebih mahal, yaitu untuk ukuran 120 GB Anda harus mengeluarkan biaya kisaran Rp 600.000 sampai Rp 800.000. Sementara untuk budget tersebut Anda sudah dapat HDD dengan ukuran 1tb.
    • Untuk umur laptop dengan SSD cenderung lebih pendek meskipun penggunaannya sama dengan HDD. Hal ini disebabkan karena adanya siklus read and write SSD jauh lebih pendek.
    • Memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil sehingga tidak sebanding dengan harga mahal yang ditawarkan.
    • Untuk masa pakainya tergantung data yang dituliskan, sehingga untuk umur pemakaian SSD tergantung pemakaian atau kerusakan yang terjadi di dalamnya. Sedangkan untuk sistem bacanya SSD tidak terlalu berpengaruh.

    Jenis SSD untuk Laptop

    SSD yang digunakan untuk laptop memiliki banyak jenis karena bisa dikategorikan melalui bentuk dan ukurannya seperti berikut:

    1. SSD 2,5 Inch


    Untuk SD yang pertama ini dianggap sebagai jenis SD paling umum ditemukan. Di dalam format ini terdapat berbagai jenis ketebalan pada Drive.

    Apabila Anda memasukkannya dalam laptop maka dapat mengetahui ketebalan dari hardisk yang bisa diterima laptop. Jenis SSD yang sangat tepat digunakan dalam mengganti HDD laptop supaya kinerja nya menjadi lebih baik.

    2. SSD Msata


    Untuk SSD Msata ini mempunyai bentuk faktor lebih kecil dibanding dengan SSD standar serta dirancang dalam penggunaan perangkat portable yang mempunyai daya terbatas misalnya seperti netbook, tablet dan laptop.

    Bahkan untuk laptop SSD murah ini juga bisa digunakan untuk perangkat point of sale, penanda digital, printer multifungsi dan kios ritel.

    3. SSD M.2 SATA


    Kehadiran SSD ini digunakan untuk media penyimpanan dengan kinerja tinggi pada perangkat tipis dan mempunyai daya terbatas misalnya seperti tablet, maupun laptop ultrabook. Bentuk dan ukurannya sedikit berbeda dan seringkali disebut sebagai faktor.

    4. SSD M.2 NVMe


    Untuk SSD ini dikembangkan khusus untuk vendor seperti Samsung, Intel, Del, SanDisk maupun Seagate.

    Untuk SSD laptop ini lebih memungkinkan bahwa memori flash digunakan sebagai operasi SC secara langsung dengan melalui antarmuka PCle dan di batasi kecepatan Sata yang jauh lebih lambat.

    SSD memang menjadi salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan bagi Anda yang memiliki komputer berat mengenai kinerjanya dengan menggunakan SSD maka kinerjanya akan cenderung lebih cepat.

    Baca Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Leverage Browser Caching di Blog


    Cara yang bisa dilakukan yaitu cukup mengganti HDD laptop dengan SSD dengan harga SSD laptop yang lebih murah.
    Tinggalkan Komentar